taksonomi dan morfologi tanaman melon

  1. Taksonomi dan Morfologi Tanaman Melon

 

Tanaman melon termasuk jenis tanaman labu. Tanaman lain yang masih satu keluarga dengan melon di antaranya semangka, blewah, mentimun, dan waluh. Secara rinci, taksonomi tanaman melon seperti berikut.

Kingdom           : Plantae

Divisi   : Spermatophyta

Subdivisi           : Angiospermae

Klas      : Dikotiledoneae

Subklas             : Sympetalae

Ordo    : Cucurbitales

Famili : Cucurbitaceae

Genus   : Cucumis

Species : Cucumimis melo L.

Tanaman melon termasuk tanaman semusim yang tumbuh merambat. Tanaman ini mempunyai akar tunggang yang dipenuhi akar-akar serabut pada ujungnya. Batang tanaman berwarna hijau muda, berbentuk segi lima, berbulu, dan memiliki ruas-ruas sebagai tempat munculnya tunas dan daun.

Tanaman melon yang tumbuh liar biasanya memiliki percabangan yang sangat banyak. Namun, untuk tanaman yang dibudidayakan jumlah batangnya dibatasi. Jumlah batangnya dibatasi. Jumlah batang yang terlalu banyak akan mengurangi kuantitas buah yang dihasilkan.

Daun melon menjari dengan lima sudut, warnanya hijau, dan permukaannya berbulu. Tangkai daun panjang dengan ukuran besar, hampir seukuran batang tanaman. Daun ini tersusun berselang-seling menempel di ruas-ruas batang. Di setip ketiak daun akan tumbuh sulur-sulur yang akan membantu tanaman untuk merambat.

Bunga melon berbentuk seperti lonceng dan berwarna kuning. Bunga ini muncul di setiap ketiak daun. Umumnya, bunga melon berkelamin tunggal, kelamin jantan dan betina tidak dalam satu bunga. Bunga betina biasanya terletak di ketiak daun pertama dan kedua dalam setiap ruas percabangan. Sementara itu, bunga jantan terbentuk secara berkelompok dan terdapat di setiap ketiak daun.

Buah melon berbentuk bulat sampai lonjong. Warna daging buah melon bermacam-macam, mulai hijau kekuningan, kuning agak putih, hingga jingga. Bagian tengah buah terdapat massa berlendir yang dipenuhi biji-biji kecil yang jumlahnya banyak. Berat buah melon masak 0,5-2,5 kg. melon hibrida bahkan ada yang beratnya mencapai 4kg, yakni varietas Ten Me dan Action 434.

Varietas melon yang ukurannya paling kecil adalah Silver Light. Melon ini hanya berukuran sebesar buah apel dengan bobot 400 gram. Meskipun demikian, buh melon jenis ini tetap disukai karena rasanya yang manis dan renyah. Ukurannya yang kecil malah dianggap unik oleh sebagian besar konsumennya.

Kandungan gizi dalam setiap 100 gram

Kandungan Sebanyak
Kalori

Karbohidrat

Lemak

Protein

Kalsium

Vitamin C

Vitamin A

Vitamin B1

Vitamin B2

Air

21 kal

5.1 gram

0.1 gram

0.6 gram

15.0 gram

34.0 mg

640 Sl

0.03 mg

0.02 mg

94 gram

2 pemikiran pada “taksonomi dan morfologi tanaman melon

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s